Kamis, 27 Oktober 2016

Fenomena Hallyu (Korean Wave) yang Mendunia


Mungkin banyak masyarakat yang masih bertanya-tanya mengenai hallyu dan bahkan tidak sedikit juga yang belum pernah mendengar istilah ini. Tetapi tentu istilah ini tidak asing lagi bagi para pecinta budaya Korea.

Apa itu Hallyu? 
Hallyu merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut fenomena budaya pop Korea yang mendunia. Seperti yang telah banyak diketahui, budaya pop ini meliputi film, drama Korea yang dikenal pula dengan sebutan K-Drama, lagu beserta penyanyi asal Korea, ragam kuliner lezatnya hingga selera fashion dan bahasa Korea itu sendiri.
Kini sudah tidak menjadi hal aneh lagi kalau para penggemar K-Pop atau K-Drama sudah fasih dalam berbahasa Korea. Tiket konser artis-artis negeri ginseng pun laris manis di pasaran luar Korea, termasuk di Indonesia. Bahkan akhir-akhir ini, tak jarang pula acara perayaan hari ulang tahun stasiun televisi di Indonesia yang melibatkan performance apik dari jajaran penyanyi papan atas negeri kimchi. Baju ala Korea pun kini seolah membanjiri pasaran online shop di negeri sendiri bukan?
Hallyu dikenal pula dengan sebutan Korean wave. Di Indonesia sendiri istilah ini dikenal luas dengan “gelombang” Korea. Gelombang yang dimaksud di sini bukanlah gelombang air laut, namun lebih merujuk pada arti kata fenomena melejitnya budaya pop korea di mata dunia. 
Bagaimana awal mula Hallyu?
Kegemaran akan budaya pop Korea dimulai di Republik Rakyat Cina dan Asia Tenggara mulai akhir 1990-an. Istilah Hanliu diadopsi oleh media Cina setelah album musik pop Korea, HOT, dirilis di Cina. Serial drama TV Korea mulai diputar di Cina dan menyebar ke negara-negara lain seperti Hongkong, Vietnam, Thailand, Indonesia, Filipina, Jepang, Amerika Serikat, Amerika Latindan Timur Tengah. Pada saat ini, Hallyu diikuti dengan banyaknya perhatian akan produk Korea Selatan, seperti masakan, barang elektronik, musik dan film. Fenomena ini turut mempromosikan Bahasa Korea dan budaya Korea ke berbagai negara.
Di Indonesia saja puluhan serial drama sukses tayang bahkan ada beberapa yang diulang pun masih mendapatkan rating yang cukup baik. beberaba serial K-Drama yang sukses diputar di Indonesia antara lain Winter Sonata, Jewel in The palace atau yang dikenal luas dengan Man Love From The Star, Cinderella and Four Knights, Boys Before Flower, Descendants of The Sun, dan masih banyak lagi. Selain cerita dan lokasi syuting yang bagus dan menarik, artis Korea juga dikenal tampan dan cantik hingga membuat betah siapa saja yang mengikuti beragam kisah menariknya. Bahkan beragam variety show ala Korea kini masih mencuri perhatian dunia, Running Man misalnya. Tak heran rasanya jika kini Korea menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Asia Tenggara.
Hallyu, baik atau buruk?
Baik atau buruk sebenarnya tergantung dari bagaimana cara kita menghadapi tersebarnya hallyu ini. Hallyu sebenarnya hanya merupakan sebagian kecil dari proses globalisasi, dimana orang - orang melihat budaya asing, tertarik, lalu mencoba menirunya. Tetapi dengan adanya hallyu wave ini jangan sampai kita melupakan budaya kita sendiri. Budaya Indonesia juga tidak kalah unik dan bagus dengan kebudayaan Korea.





credits: http://korea.panduanwisata.id/k-pop-2/hallyu-budaya-pop-korea-yang-mendunia/ 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Little Things Template by Ipietoon Cute Blog Design